01239 2200205 4500001002100000005001500021035002000036007000300056008004100059020003000100082001200130084001800142100001700160245016800177260003000345300003700375650004600412856000600458520056900464INLIS00000000011637620210624103945 a0010-0421000225ta210624 g 0 ind  a978 - 602 - 470 - 042 - 3 a378. 17 a378. 17 IMA p0 aImam Gunawan1 aPengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Lesson Study di Perguruan Tinggi :bUpaya Meningkatkan Kearifan dan Hasil Belajar Peserta Didik /cImam Gunawan aMalang :bUM Press,c2018 axii, 264 hlm. :bilus. ;c23 cm. 4aPERGURUAN TINGGI . -- METODE PEMBELAJARAN a. aModel pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang mengacu pada konsep student centered learning, artinya pembelajaran dirancang dengan melibatkan peserta didik dengan berbagai aktivitasnya. Pengembangan perilaku sosial yang positif merupakan inti dari model pembelajaran kooperatif. Selain itu model pembelajaran kooperatif juga bertujuan meningkatkan kinerja pembelajar dalam tugas-tugas akademik. Model pembelajaran kooperatif muncul sebagai reaksi dari metode pembelajaran konvensional yang menumbuhkan lingkungan belajar yang bersifat kompetitif.